Wearable Computing: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Wearable Computing: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Wearable computing merupakan komputer yang dipasang di tubuh manusia untuk berbagai kebutuhan khususnya kesehatan

Istilah wearable computing mungkin masih asing bagi kalangan awam kecuali para programmer. Wearable dalam bahasa Indonesia artinya digunakan atau dipakai. Sedangkan dalam bidang teknologi memiliki arti lebih luas untuk melacak hingga mengirim data pribadi. 

Apa Itu Wearable Computing 

Wearable computer berhubungan dengan wearable technology. Pengertian dari wearable technology adalah kategori perangkat elektronik untuk aksesoris. Biasanya ditanamkan pada pakaian, tubuh pengguna atau tato di kulit. Sedangkan wearable computer adalah komputer yang bisa dipakai pada bagian tubuh badan manusia, misalnya di pergelangan tangan. 

Adanya wearable pada pergelangan tangan tersebut memungkinkan untuk bekerja, melakukan komunikasi, menghibur dan melakukan pelacakan dengan optimal. Aktivitas dan kegiatan perangkat memiliki akses hands free. Selain itu standar pada komputer untuk aktivitas ini belum tersedia sama sekali. 

Namun, bagaimanapun juga adanya wearable yang tersemat pada bagian tubuh ada kaitannya dan terhubung dengan perangkat komputer untuk proses pendataan akurat. 

Fungsi Wearable Computing 

Selain wearable technology, terdapat wearable electronic yang juga berhubungan erat dengan wearable computer. Keberadaan wearable sebagai perangkat elektronik memiliki fungsi masing-masing, antara lain: 

Melacak Informasi 

Perangkat berguna sebagai pelacak atau menangkap semua informasi biometrik secara terus menerus yang biasanya berkaitan dengan kesehatan. 

Berupa Aksesoris Praktis 

Sebagai perwujudan baru dari teknologi modern, bentuk aksesoris sangat praktis dan mudah dikenakan orang. 

Berfungsi Terus Menerus 

Kemampuan pelacakan biometric sangat handal dalam pembuatan data. Dengan alat yang terpakai di tubuh manusia, akan terhubung ke perangkat, melakukan pemrosesan dan muncul data. Teknologi praktis dan cerdas serta smart membuat wearable begitu penting untuk pengguna yang mobile atau terkait urusan kesehatan. 

Jenis Wearable Computing 

Memiliki fungsi menarik, wearable terdiri dari beberapa jenis yang berbeda baik berdasarkan teknologi, komputer atau device.  

Agar lebih jelas, berikut jenis wearable yang populer, yaitu: 

Smart Watches 

Smart watches adalah jam pintar dengan banyak keistimewaan. Jam dapat menunjukkan waktu dan memberitahu pengguna tentang pesan, email, pembaharuan media sosial hingga panggilan. 

Fitness Tracker 

Wearable jenis fitness tracker berfungsi untuk membantu melacak jumlah langkah setiap harinya untuk kebugaran dan olahraga. Selain itu dapat memantau detak jantung pengguna sehingga memiliki data kesehatan lengkap dan akurat termasuk pelepasan jumlah kalori per harinya. 

Head Mounted Display 

Alat pintar head mounted display berfungsi sebagai pemberi informasi dunia virtual secara langsung lewat mata. 

Sport Watches 

Jam tangan ini khusus bagi pengguna yang suka berolahraga baik berenang, berlari, bersepeda dan lain sebagainya. Sport watches berfungsi melacak GPS (Global Positioning System) dan memberi data lengkap mulai dari kecepatan gerak pengguna hingga detak jantung. 

Smart Jewelry 

Jam pintar diproduksi sebagai aksesori dan perhiasan untuk menerima pesan, panggilan, email dan lainnya  dengan target pasar perempuan yang mobile. 

Smart Clothing 

Perangkat wearable computer smart clothing yang digabungkan dengan pakaian untuk memberi tampilan lebih menarik dan modis sekaligus melacak informasi. 

 Smartshoes

Perangkat wearable yang satu ini dibuat berbentuk sepatu dan dapat digunakan untuk membantu aktivitas penggunanya. Fungsi utamanya adalah sebagai penunjuk arah ke tempat tujuan dengan menggunakan GPS dan akan memberikan getaran kepada kaki kanan atau kiri untuk menunjukkan langkah yang sesuai. Ini cukup membantu untul orang yang sudah lanjut usia dan tunanetra.

Selain itu, smartshoes dapat membantu melacak aktivitas olahraga, menghitung kalori, dan memberikan informasi menarik mengenai daerah sekitar dengan disambungkan pada smartphone yang kamu miliki.

Implantable 

Perangkat implantable biasanya ditanamkan pada pengguna dengan pembedahan bawah kulit. Fungsinya sebagai pelacak kontrasepsi, kadar insulin dan yang lainnya untuk keperluan medis. Keberadaan wearable untuk mendapatkan data akurat memang sangat penting terutama dalam dunia medis.  

Meskipun demikian, wearable juga memiliki kekurangan dengan masa baterai singkat.  

Berbagai pengetahuan lain terkait teknologi dapat ke Telkom University sebagai acuan mendapatkan berbagai informasi paling update dan terpercaya. Adanya wearable computing memberi pengalaman teknologi mutakhir untuk mendapatkan data paling akurat sebagai analisis kesehatan dan kebutuhan lainnya. 

Referensi :

https://review.bukalapak.com/

Penulis : Rachmatia Nurchaliza